Judul Terakhir (Tips Menulis)

The Last Emperor. Pernah nonton filmnya? Dulu pernah beberapa kali diputar di tivi. Film ini bercerita tentang Aisin Gioro Pu Yi. Dialah Kaisar Terakhir. Sang ibu suri menobatkannya menjadi raja 10 ribu tahun dengan gelar putra langit saat ia masih berusia 3 tahun. Mereka menghuni Forbidden City, kota terlarang di Beijing, China (hmm… jadi ingat Forbidden Kingdomnya Jacky Chan dan Jet Li). Konon istana di Forbidden City memilki 9.999 kamar dengan taman-taman yang indah. Dari kota ini pula, selama lebih dari seribu tahun, hadir cerita-cerita luar biasa tentang kaisar-kaisar yang pernah bertahta.

The Last Emperor. A true story.

The Last Emperor. A true story.

Tetapi tulisan ini tidak hendak mengetengahkan kisah itu. Saya tertarik dengan judulnya. Juga judul-judul serupa. Judul terakhir. Maksud saya judul yang diembel-embeli kata terakhir. Rumusnya :

[Kata]<spasi>Terakhir

Yang dimaksud dengan kata disini adalah kata benda, tetapi ada juga diluar kata benda yang bisa juga digunakan. Penjudulan seperti ini memberi efek, meski tidak selalu, “menyimpan sesuatu pertanyaan, rahasia, misteri, kejutan dll”. Karenanya menjadi menarik. The Last Emperor. Sang Kaisar Terakhir. Kenapa kok kaisarnya sudah terakhir? Ada apa gerangan, apa yang membuatnya demikian? Setelah kaisar yang ini apa yang terjadi? Nah begitu kira-kira rasa ingin tahu muncul.

Ini permulaan yang baik untuk sebuah tulisan, juga film. Merebut perhatian seawal mungkin dan mengajak dengan kuat calon pembaca, pendengar, pemirsa dan penikmat untuk segera melanjutkan. Ingat rumusan diatas. Ini rumusan pertama.

Baiklah, ayo coba saja rumusan diatas. Ambil satu kata, lalu tambahkan kata “terakhir”. Kereta terakhir. Sandal terakhir. Hidangan terakhir. Novel terakhir. Bayi terakhir. Wasiat terakhir. Wanita terakhir. Buku terakhir. SMS terakhir. Airmata terakhir. Stasiun terakhir. Puisi terakhir. Manusia terakhir. Sudah ini yang terakhir.

 

{ 3 comments… add one }
  • Heni December 5, 2008, 4:21 am

    Good tips, pak! Bagus banget untuk tema cerpen.

  • casual cutie December 15, 2008, 5:09 pm

    pernah nonton sih tp ending nya ga tau…huuu…uu…gimana nasib kaisar pu yi ya?

Leave a Comment