Kosultasi Menulis: Membuat Tulisan yang Menarik

Saya agak kesulitan membuat sinopsis cerita yg menarik, kesulitan membuat kalimat menjadi menarik karena jika saya membaca tulisan saya terasa membosankan dan mengantuk, kesulitan mencari kata pengganti yg sama.

Fandri, Jambi.

 

* * *

 

Halo mas Fandri,

Terima kasih telah berkunjung ke AyoMenulis.com, website pembelajaran menulis online yang hadir sejak tahun 2008.

Mas Fandri, hal yang seperti Anda alami jamak terjadi juga di penulis lainnya. Bahkan sekelas penulis kenamaan pun kadang mengalami hal itu, mereka tidak puas dengan hasil tulisannya. Lalu mereka merevisinya, malah sering pula menulis ulang beberapa kali untuk mendapat hasil yang memuaskan.

Untuk penulis pemula saya biasanya menyarankan beberapa tips berikut.

  1. Perbanyak penguasaan kosa kata. Dengan pilihan kata yang kaya maka diksi dalam tulisan kita bisa lebih variatif. Salah satu cara yang ampuh adalah dengan rajin membaca. Tak hanya membaca tulisan di bidang yang kita minati saja, tapi bacalah apa pun termasuk hal yang tak kita sukai.
  2. Kuasai bermacam sudut pandang. Belajarlah melihat sesuatu dari kacamata orang yang berbeda-beda keinginan dan kepentingannya. Lagi-lagi perbanyaklah membaca. Karena membaca tak sekadar menambah perbendaharaan kata-kata, tapi juga memperluas wawasan dan memperbanyak sudut pandang.
  3. Pelajari gaya bahasa. Ada banyak ragam majas yang bisa membantu kita memperindah ungkapan saat menulis. Personifiasi, metafora, asosiasi, eufemisme, simile, alegori, dan lain-lain. Pelajari semua itu dan berlatihlah.
  4. Amati gaya khas tulisan dari penulis favorit. Setiap penulis punya penulis idola. Siapa favorit Anda? Silakan buka buku mereka pada bagian tulisan mereka yang menarik bagi Anda, coba amati gaya tulisan mereka yang khas. Bila perlu tak hanya amati, tapi Anda tiru dengan menulis ulang secara persis. Cara ini akan membuat Anda bisa menyelami gaya mereka menulis yang pada gilirannya bisa menjadi referensi dalam menemukan gaya Anda sendiri.
  5. Teruslah menulis. Bila versi pertama tulisan Anda menurut Anda kurang menarik, buat saja tulisan versi kedua, ketiga, dan seterusnya. Sampai Anda menemukan versi terbaik.

Semoga jawaban ini bermanfaat untuk Anda mas Fandri, dan terus menjadi penulis yang produktif.

Ayo menulis!

 

Agus Harian
AyoMenulis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Memulai Menulis untuk Awam

Dapatkan GRATIS panduannya.
KIRIMI SAYA
close-link

Kursus Memulai Menulis untuk Awam

Ikuti kursus gratis mengatasi kebuntuan dalam memulai menulis, langsung dikirim ke inbox email Anda.
SAYA IKUT KURSUS INI

Kursus Memulai Menulis untuk Awam

Ikuti kursus gratis mengatasi kebuntuan dalam memulai menulis, langsung dikirim ke inbox email Anda.
SAYA IKUT KURSUS